Cara Jitu Mengatasi Badmood / Mood Swing

Cara Jitu Mengatasi Badmood / Mood Swing


Pagi pagi telat kerja karena macet? atau seragam putih kamu yang baru saja kamu setrika harus kotor karena cipratan dari genangan air? atau mungkin kamu tiba tiba bete tanpa sebab? mungkin hal tersebut bakal bikin kamu badmood sepanjang hari. Kamu jadi enggak bersemangat bahkan jadi males banget buat ngejalanin kegiatan kamu.

I'm doing my best to be mindful about how I'm living: to be kind and patient, and not to impose a bad mood on somebody else. Being mindful is as good a way to be spiritual as anything else. - Deirdre O'Kane

Tapi apakah kamu tau apa pengertian dari Bad Mood atau Mood Swing itu sendiri? yuk mari kita kupas dan cari perbedaannya.


Apa itu Bad Mood ? 


Bad Mood simple nya adalah suatu perasaan atau keadaan dimana pikiran kita mudah untuk marah dan depresi. Biasanya bad mood disebabkan karena lingkungan atau juga karena sesuatu hal terjadi yang bukan kita kehendaki. Contoh simple nya adalah, ketika kita mendapatkan nilai yang buruk di sekolah atau misalnya kita tidak mendapat pelayanan yang baik oleh orang-orang di sekitar kita.

Penyebab lain dari perubahan mood pada remaja adalah pubertas. Hormon pubertas bukan hanya  menyebabkan perubahan fisik  luar biasa, mereka juga bisa membuat mood swing! Dan, hampir semua orang melalui mood swing selama remaja. Nah, dibawah ini akan kita bahas tentang Mood Swing.

Apa itu Mood Swing?


Mood Swing ini masih ada sangkut pautnya dengan Bad Mood. Mood Swing sendiri ialah perubahan mood yang drastis yang berlangsung dalam waktu yang cepat. Seperti tiba tiba kamu bete atau tiba tiba kamu menjadi orang yang tempramen dan marah marah terus

Menurut saya sih wajar jika orang terkena Mood Swing. Soalnya mood swing biasanya memang keadaan yang membuat diri kita mendadak enggak nyaman melakukan apapun. Mood Swing ini biasanya menyerang kaum perempuan tapi tidak jarang juga menyerang kaum laki-laki seperti yang saya alami beberapa tahun belakangan ini.

Maka dari itu, Saya berbaik hati ingin berbagi kepada kalian tentang bagaimana caraya mengatasi 2 hal di atas versi saya sendiri, yang dimana sudah saya praktikkan dan berhasil. Berikut caranya :

1. Mendengarkan Musik


Cara Jitu Mengatasi Badmood / Mood Swing
Source Image : https://blog.frontiersin.org

Walaupun sepele, mendengarkan musik bisa jadi solusi umtuk kalian yang badmood, lho. Musik bisa juga sebagai terapi dimana musik memberikan ketenangan dan membuat kita yang awalnya sedih atau cemberut bisa jadi semangat dan rileks lagi lho.

Para peneliti mengatakan, memaksakan diri untuk merasa lebih baik mungkin akan menjadi bumerang yang justru menghancurkan mood. Sebaliknya, mendengarkan musik berirama riang saat berusaha merasa lebih baik merupakan strategi yang cerdas.

Penulis studi Kennon M. Sheldon, profesor ilmu psikologi di University of Missouri mengatakan, kitalah yang mengatur mood kita sendiri. Mengerjakan sesuatu yang positif akan membuat kita merasa lebih baik.

2. Menonton Film


Cara Jitu Mengatasi Badmood / Mood Swing
Source Image : http://lamesachamber.org

Mungkin menonton film bisa jadi hiburan tersendiri untuk kalian yang dilanda Badmood. Mungkin saja kamu dapat omelan dari bos kamu dan kamu jadi bete sepanjang hari itu. Lalu kemudian kamu pulang kerumah dan tidak mau membawa masalah kantor mu kerumah dan kamu kebetulan ingin refreshing juga, menonton film mungkin bisa menjadi solusi.

Film dengan genre family friendly atau comedy bisa jadi alternatif buat kamu yang ingin memperbaiki mood kamu. Seperti Bruce Almighty atau serial Mr. Bones, atau kalian juga misalkan suka dengan film yang berbau misteri. Menonton film yang tepat dapat jadi solusi yang jitu untuk kalian.

3. Makan


Cara Jitu Mengatasi Badmood / Mood Swing
Source Image : https://www.rd.com/

Cara paling mudah selanjutnya untuk mengatasi bad mood adalah dengan makan. Makan sesuatu yang kamu suka misalkan coklat panas atau makan daging mungkin bisa membuat mood kamu yang awalnya 'bad' banget menjadi 'good' banget.

Saya sendiri kadang jika memiliki hari yang buruk di kampus, saya akan mencoba untuk memperbaiki nya dengan makan Mie Ayam kesukaan saya. Memang itu kelihatannya sepele tapi itu cara yang sangat signifikan untuk saya mengembalikan mood saya lagi.

4. Tidur


Cara Jitu Mengatasi Badmood / Mood Swing
Source Image : https://www.dreams.co.uk/

Kamu udah lelah dengan semuanya? udah capek dan rasanya desperated banget dengan mood kamu yang semakin memburuk. Mungkin tidur merupakan kartu AS terakhir buat kamu untuk mengatasi badmood kamu. 

Tidur bisa dibilang sebagai bentuk istirahat paling sempurna. Kenapa? karena otak dan badan kita seluruhnya benar benar beristirahat, otot otot mulai melemas dan beban pikiran rasanya tak terpikirkan lagi. Kalau bahasa kerennya mah "Temporary Escape From Reality" hehe.

Semoga apa yang saya share disini bisa berguna untuk kalian yang punya problem badmood atau mood swing seperti saya. 


Sampai jumpa di postingan berikutnya. Have a nice day! 😇

5 komentar:

  1. Ane sering nih ngalamin badmood, dan satu2nya cara kalau ane ya kyk info diatas yakni makan tapi dengan tambahan denger lagu hehe atau gk ya nonton anime one piece hehe

    BalasHapus
  2. Bad Mood ya, Putar Lagu Rock Volumenya di Full Semua, Biar Seru HAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal jangan di putar di toa masjid ya :D

      Hapus
  3. makan dan tidur, that's me :D

    BalasHapus